Tema : Lingkungan

I. STANDAR KOMPETENSI

I. PKn
1. Mengamalkan makna Sumpah Pemuda 
II. IPS
1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah 
III. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan berceritadan memberikan tanggapan/ saran

 

IV. Matematika
1. Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka 
V. IPA
1. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhiperubahan pada makhluk hidup

II. KOMPETENSI DASAR

1. PKn                   : – Mengamalkan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa

– Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-

sehari

2. IPS                    : – Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan

sekolah

– Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah

3. B. Indonesia      : – Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara

lisan

– Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan

– Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan

kalimat yang runtut dan mudah dipahami

4. Matematika       : Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka

5. IPA                    : – Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup

– Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-

hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak

(makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)

III. INDIKATOR

1. PKn                   : – Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan

bangsa

– Menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara

– Menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda

– Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan

rumah

2. IPS                    : – Mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan
sekitar

– Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan

– Menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan

– Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya

3. IPA                    : – Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup

– Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup

– Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya

– Menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya

– Menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya

– Menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya

– Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan

– Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan

4. Matematika       : – Menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan)

– Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan

– Melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan

– Melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan

– Melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam

– Melakukan operasi pengurangan dengan meminjam

5. B . Indonesia      : – Menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu

– Membuat pertanyaan tentang cara menggunakan

– Menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang

– Memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang

– Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

 

1. PKn                   : – Siswa dapat mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat

mempersatukan bangsa

–  Siswa dapat menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara

– Siswa dapat menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda

– Siswa dapat mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di

lingkungan rumah

2. IPS                    : – Siswa dapat mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan

buatan di lingkungan sekitar

– Siswa dapat menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan

– Siswa dapat menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan

– Siswa dapat membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata

anginnya

3. IPA                    : – Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup

– Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup

– Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya

– Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya

– Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya

– Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya

– Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan

– Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan

4. Matematika       : – Siswa dapat menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan,

satuan)

– Siswa dapat menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan

– Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan

– Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan

– Siswa dapat melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam

– Siswa dapat melakukan operasi pengurangan dengan meminjam

5. B . Indonesia      : – Siswa dapat menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu

– Siswa dapat membuat pertanyaan tentang cara menggunakan

– Siswa dapat menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang

– Siswa dapat memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita

binatang

– Siswa dapat menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar

V. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

  1. A.      Kegiatan Awal
  • Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
  • Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
  • Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
  1. B.      Kegiatan Inti

Minggu  I  6 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)

Bahasa Indonesia

  • Siswa mendengarkan petunjuk cara mendeteksi udara sekitar
  • Guru menjelaskan cara menggunakan alat pengukur debu
  • Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru

IPS

  • Tanya jawab dengan siswa mengenai apa yang dilihat di lingkungan sekitar
  • Mengajak siswa mengamati gambar sungai, danau,  laut, gunung, lembah dan pegunungan
  • Siswa menuliskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan

Matematika

  • Memperagakan dekak-dekak
  • Memasukan biji-bijian pada dekak-dekak
  • Menentukan nilai tempat sampai ribuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s