RPP Bahasa Indonesia Tema Tempat Umum

I. STANDAR KOMPETENSI
Mendengarkan
1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita
dan memberikan tanggapan/ saran

II. KOMPETENSI DASAR
– Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
– Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami

III. INDIKATOR
– Menyebutkan tokoh-tokoh dalam drama
– Menuliskan nama-nama tokoh dalam drama
– Menjelaskan makna simbol
– Menjelaskan urutan kegiatan lomba melalui gambar

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
– Siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam drama
– Siswa dapat menuliskan nama-nama tokoh dalam drama
– Siswa dapat menjelaskan makna simbol
– Siswa dapat menjelaskan urutan kegiatan lomba melalui gambar

V. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

A. Kegiatan Awal
• Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
• Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
• Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu

B. Kegiatan Inti
• Siswa mendengarkan petunjuk bertelepon yang baik
• Siswa menceritakan pengalamannya bertelepon
• Guru menyuruh siswa mempraktekkan pemakaian telepon dengan menggunakan telepon mainan

C. Kegiatan Akhir
1. Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
2. Siswa mengumpulkan tugas sesuai materi yang diajarkan
3. Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan

V. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar
Buku Bahasa Indonesia
Kamus Bahasa Indonesia
Pedoman EYD
Koran dan majalah
Media elektronik
Alat Peraga
Pesawat telepon mainan

VII. PENILAIAN
1. Teknik Tes
Tes dan non tes
2. Bentuk Tes
Lisan:
1. Keberanian menjawab atau menyampaikan pendapat
2. Ketepatan jawaban
3. Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
Tertulis:
1. Isian
2. Pilihan Ganda
3. Uraian
4. Tes perbuatan
3. Instrumen Tes
1. LKS
2. Lembar observasi

VIII. MATERI POKOK

• Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
• Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
• Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
• Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
• Menjelaskan isi teks.

IX. METODE PEMBELAJARAN

1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Demontrasi
5. Pemberian tugas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s